Home / Info Kampus / Fakultas Hukum / Fakultas Hukum UNIBA Surakarta-Kongres Advokat Indonesia Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Fakultas Hukum UNIBA Surakarta-Kongres Advokat Indonesia Gelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Gerbang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah beberapa tahun dibuka. Dibukanya gerbang tersebut maka akan mengalir pula arus barang dan jasa dari dalam maupun luar negeri. Adanya kesempatan ini dapat menjadi pedang bermata dua jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Fenomena Masyarakat Ekonomi ASEAN harus disikapi dengan sigap jika ingin mengubah peluang menjadi keuntungan.

Ditandatanganinya kesepakatan antara Masyarakat Ekonomi ASEAN ini maka membuat Indonesia harus sigap untuk menerima masuknya jasa professional dari negara-negara ASEAN. Kesepakatan ini harus disambut dengan semangat positif, bahwa Indonesia juga mampu mengirimkan putra-putri terbaik mereka untuk masuk ke dalam pasar tenaga professional. Jasa profesional yang dimaksud dalam kesepakatan tersebut salah satunya adalah jasa advokat.

Fakultas Hukum UNIBA Surakarta menyambut baik tantangan yang terus bergulir tersebut. Fakultas Hukum UNIBA Surakarta tahun ini bekerja sama dengan Kongres Advokat Indonesia Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah untuk menyikapi tantangan yang telah ditawarkan tersebut. Agenda kerjasama tersebut salah satunya adalah penyelenggaraan pendidikan profesi advokat. Hafid Zakariya, selaku ketua program studi ilmu hukum UNIBA Surakarta mengungkapkan bahwa penyelenggaraan pendidikan khusus profesi advokat bertujuan untuk memberikan bekal lulusan Fakultas Hukum di Indonesia, khususnya Fakultas Hukum UNIBA Surakarta, untuk menjadi Advokat. Hafid Zakariya juga menambahkan bahwa adanya kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa fakultas hukum yang nantinya sertifikat pendidkan tersebut dapat digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Pendidikan khusus profesi advokat tersebut difasilitasi oleh tim pengajar yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. Tim pengajar tersebut terdiri dosen dan advokat yang berasal dari Jakarta dan Jawa Tengah. Pendidikana khusus profesi advokat diadakan selama empat hari. Pendidikan khusus profesi advokat tersebut akan diselenggarakan mulai tanggal 2 Maret, dan dilanjutkan pada tanggal 3, 9, dan 10 Maret 2019. Pada tanggal 2 Maret 2019, upacara pembukaan pendidikan khusus profesi advokat ini dihadiri langsung oleh Dewan Pimpina Pusat Kongres Advokat Indonesia.

Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarakan di Fakultas Hukum UNIBA ini akan berlangsung selama enam jam pada setiap harinya. Kegiatan ini akan berlangsung dengan sesi pemaparan materi oleh tim pengajar, tanya jawab, serta diskusi interaktif membahas mengenai kasus-kasus hukum yang ada. Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat membekali para peserta dengan materi-materi yang dapat digunakan di praktik dunia kerja.

Check Also

AGENDA INTERNASIONALISASI UNIBA SURAKARTA: MOBILITY STUDENT-CULTURAL EXCHANGE PROGRAM 2019

       Berlaga di liga internasional sudah menjadi suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *