Home / Info Kampus / Fakultas Hukum / FAKULTAS HUKUM UNIBA SURAKARTA ADAKAN MOOT COURT PRAKTIK HUKUM ACARA PERDATA BAGI MAHASISWA

FAKULTAS HUKUM UNIBA SURAKARTA ADAKAN MOOT COURT PRAKTIK HUKUM ACARA PERDATA BAGI MAHASISWA

Bahwasannya kehidupan rakyat Indonesia dalam bidang hukum telah berubah sejak reformasi bergulir. Hal tersebut ditandai dengan semakin kompleksnya lembaga-lembaga negara baru dan banyaknya undang-undang organik baru, terkadang masyarakat tidak paham dan cenderung bersikap tak acuh. Ketidakpahaman inilah menjadi peluang para oknum aparat penegak hukum sendiri. Untuk itu, sekali lagi mahasiswa dituntut peran yang lebih, agar masyarakat tergugah kesadarannya akan wawasan hukum, karena mau tidak mau, masyarakat berada pada posisi sebagai subyek hukum.

Proses-proses penyadaran hukum kepada masyarakat tadi, tidak dapat dilakukan secara instan. Namun melalui tahapan dan proses rangkaian yang panjang dan banyak hambatan. Secara teknis sederhana, kita dapat mensosialisasikan sebuah aturan baru (undang-undang) melalui penyuluhan hukum maupun diskusi-diskusi tematis, tetapi lebih jauh, simbol-simbol hukum seolah ditantang masyarakat agar bertindak sesuai dengan rule of law. Masyarakat butuh pembuktian lebih jauh, bagaimana proses peradilan berjalan fair dan obyektif, bagaimana semua masyarakat berkedudukan sama di depan hukum (equality before the law) dan tidak tebang pilih. Hal tersebut terjadi karena masyarakat sudah tidak percaya lagi dengan system peradilan kita, termasuk  para aparat penegak hukumnya. Untuk itu peran advokat dalam menjaga kemurnian dan kesucian konstitusi mutlak diperlukan sebagai pemantik kembalinya kepercayaan masyarakat yang notabene sebagai subyek hukum, kepada sistem hukum di Indonesia.

Hal tersebut melatarbelakangi Fakultas Hukum Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menyelenggarakan Peradilan Semu (Moot Court).  Praktik Peradilan Semu merupakan mata kuliah Praktik Hukum Acara Perdata Tahun Akademik 2018/2019. Adanya hal tersebut dimaksudkan agar mahasiswa dapat mencermati proses peradilan antara teori dalam perkuliahan dengan praktik di dunia peradilan. 

Kegiatan Praktik Peradilan Semu tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 18 Juli 2019, dan dimulai pukul 13.00 WIB. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum UNIBA Surakarta, Gedung B Lantai 3 UNIBA Surakarta. Adapun Dosen pengampu pada mata kuliah ini adalah Wahyu Beny Mukti Setiyawan, dosen untuk kelas A1, A2 dan E, serta Sigit N. Sudibyanto dosen pengampu untuk kelas B1 dan B2. 

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat belajar dan melakukan praktik persidangan, implementasi teori ke praktik. Selain itu, mahasiswa diharapkan mendapatkan wawasan pengalaman praktik peradilan serta dapat menyimpulkan proses persidangan mulai dari Gugatan hingga Putusan. (WBMS/FH)

Check Also

AGENDA INTERNASIONALISASI UNIBA SURAKARTA: MOBILITY STUDENT-CULTURAL EXCHANGE PROGRAM 2019

       Berlaga di liga internasional sudah menjadi suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *