Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta Kunjungi Direktorat Jenderal Pajak Kanwil II Jawa Tengah dalam Rangka Kuliah Umum Pemeriksaan Pajak dan Office Tour

Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta Kunjungi Direktorat Jenderal Pajak Kanwil II Jawa Tengah dalam Rangka Kuliah Umum Pemeriksaan Pajak dan Office Tour

Kamis, 22 November 2017, Fakultas Ekonomi program studi Akuntansi  mengunjungi kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah II Jawa Tengah. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka acara Kuliah Umum Pemeriksaan Pajak dan Office Tour. Kunjungan tersebut diwakili oleh 66 mahasiswa akuntansi semester 7.

Sesi pertama acara tersebut dimulai dengan Office Tour yang dipandu oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Humas DJP  Kanwil II Jawa Tengah. Sesi Office Tour dimulai dengan penjelasan mengenai visi dan misi DJP kantor pusat dan visi misi DJP Kanwil II Jawa Tengah. Selanjutnya, dijelaskan mengani tugas dan fungsi DJP dalam hal mengurusi pajak. Office Tourtersebut juga menjelaskan menganai struktur dan fungsi jabatan di DJP  Kanwil II Jawa Tengah.

 

 

Sesi kedua, acara dilanjutkan dengan kuliah umum terkait pemeriksaan pajak. Kuliah umum tersebut dibawakan oleh Bp. Firman, yang memiliki tugas sebagai pemeriksa pajak. Proses perkuliahan umum tersebut berlangsung sangat interaktif, dibuktikan dengan antusiasme mahasiswa yang banyak menanggapi dan memberi pertanyaan terkait pemeriksaan pajak, khususnya dalam permasalahan di lapangan.

Pemateri menegaskan bahwa, perkuliahan umum tersebut ditujukan bukan untuk melatih mahasiswa menjadi pemeriksa yang handal, namun lebih untuk mempersiapkan mahasiswa terkait pemeriksaan pajak. Mahasiswa yang nantinya akan bekerja di perusahaan, dapat mencermati apasaja hal-hal yang dapat menimbulkan masalah perpajakan. Mahasiswa yang nantinya akan bekerja sebagai akuntan dihimbau untuk selalu mentaati peraturan perpajakan agar tidak terjerat dalam sanksi-sanksi perpajakan.

Acara Kuliah Umum Pemeriksaan Pajak dan Office Tour merupakan kerjasama antara DJP  Kanwil II Jawa Tengah dan Universitas Islam Batik Surakarta Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi. Acara tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa terkait pajak, khususnya pemerikasaan pajak. Wawasan mengenai perpajakan perlu disebarkan guna meningkatkan kepatuhan perpajakan. Karena membayar pajak dengan taat merupakan kontribusi riil untuk pembangunan Indonesia.

Check Also

Mengenal Lebih Dekat Koperasi BATARI Lewat Mata Kuliah Operational Research

  Ir. Solichul HA Bakri, M.Erg sebagai pengampu mata kuliah Operational Research di Fakultas Ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *