Home / Info Kampus / Dr. Pramono Hadi dilantik Sebagai Pejabat Sementara Rektor UNIBA

Dr. Pramono Hadi dilantik Sebagai Pejabat Sementara Rektor UNIBA

Universitas Islam Batik (UNIBA) melaksanakan upacara serah terima jabatan dan pelantikan Pejabat Sementara (Pjs) Rektor UNIBA. Prof. Dr. Endang Siti Rahayu MS kepada Dr. Pramono Hadi, SP, M.Si Pejabat Sementara (Pjs.) Acara pelantikan dilaksanakan di ruang rapat UNIBA pada tanggal 3 Januari 2018.

Acara serah terima dan pelantikan ini turut dihadiri Ketua YAPERTIB Ir. H. Solichul Hadi AB, M.Erg beserta anggota, anggota senat dan para dekan. Dr. Pramono hadi, SP, M.Si sebelumnya menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Akademik kemudian ditetapkan sebagai Pjs Rektor yang bertugas sampai terpilihnya Rektor UNIBA.

Dalam sambutannya Pjs Rektor menyampaikan Program kerja UNIBA pada tahun 2018 yang sudah direncanakan pada bulan Desember 2017 sudah harus dilaksanakan. Pelaksanaan Tri Dharma perguruan Tinggi maupun pada sektor pengembangan dan pendukung program. Mengacu pada Peraturan Menteri Ristek dan Dikti No. 44 tahun 2015 tentang Standart Nasional Perguruan Tinggi; RIP UNIBA 2013-2032 dan RIP LP3M 2013-2032.

Prioritas Kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, sudah dilakukan penerapan kurikulum mengacu KKNI pada semester gasal TA. 2017/2018. Akan segera di evaluasi pelaksanaannya menyongsong semester genap mendatang. Pengajaran bagi semua mata kuliah sudah harus ditetapkan pelaksanaan tim teaching flat class model. Sesuai dengan arahan bapak menteri pada pertemuan pimpinan perguruan tinggi pada bulan Desember 2018. Penegakan aturan tentang SKS dan pembagian mata kuliah baik S1 dan S2 dan juga pembimbingan skripsi dan tesis menjadi prioritas kegiatan. Penetapan  dan penerapan tema judul skripsi dan tesis oleh komisi skripsi/tesis juga menjadi prioritas.

Prioritas Kegiatan Penelitian,  peningkatan kualitas maupun kuantitas judul penelitian eksternal untuk menyerap anggaran DP2M dengan kuota 7,5 milyar pada tahun 2019 dapat tercapai. Dengan usaha setiap penelitian menghasilkan 1 publikasi terindek scopus, 1 paten,  1 buku ajar, 1 Tingkat Kesiapterapan Tehnologi (TKT) per tahun. Setiap dosen UNIBA harus mendaftar pada  sistem SINTA. Penelitian internal diprioritaskan pada penelitian pendahuluan untuk mendukung proposal eksternal. Pembentukan group research setiap rumpun ilmu untuk mendukung RIP yang telah ditetapkan oleh LP3M pada seyiap tahunnya.

Prioritas Kegiatan Pengabdian pada masyarakat, peningkatan kualitas maupun kuantitas judul pengabdian eksternal dengan pembentukan desa/kelurahan binaan untuk lebih terarah dan menjaga keberlanjutannya. Penerapan one lacture one village dapat menjadi strategi handal untuk memberdayakan masyarakat. Pembuatan jurnal pengabdian  menjadi kebutuhan yang mendesak untuk segera dilakukan.

Prioritas Kegiatan Pengembangan baik SDM fungsional atau dosen maupun struktural harus dilakukan penilaian kinerja yang terukur. Dosen pada setiap prodi harus memenuhi standart minimal 6 dosen setiap prodi dan perbaikan ratio dosen dengan mahasiswa. Program magang atau pelatihan pelayanan untuk SDM struktural harus dilakukan untuk peningkatan kinerjanya. Penambahan Prodi baru, khususnya prodi esakta yang masih kurang 2 prodi. Perbaikan tatakelola dengan penerapan setiap SOP yang telah dibuat oleh setiap unit maupun fakultas atau pasca sarjana dengan evaluasi setiap semester.

Check Also

PRAKTEK KERJA LAPANGAN KE BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH (BPSB)

  Mahasiswa Prodi Agreoteknologi Fakultas pertanian UNIBA Surakarta melakukan Praktek Kerja Lapangan ke Balai Pengawasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *