Home / Info Kampus / Fakultas Ekonomi / DOSEN AKUNTANSI UNIBA SURAKARTA KENALKAN RAGAM PROFESI AKUNTAN KE SISWA SMKN 1 SUKOHARJO

DOSEN AKUNTANSI UNIBA SURAKARTA KENALKAN RAGAM PROFESI AKUNTAN KE SISWA SMKN 1 SUKOHARJO

Program Pengabdian Masyarakat adalah salah satu agenda utama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain melakukan Pengajaran, penelitian, dosen juga memiliki tugas untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian masyarakat inilah yang menjadi sarana perpanjangan tangan universitas untuk mengimplementasikan keilmuan kepada masyarakat. 

Jumat, 11 Oktober 2019, Dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Akuntansi UNIBA Surakarta kali ini tidak hanya memberikan perkuliahan di ruang kelas kampus UNIBA Surakarta. Pemandangan berbeda muncul di Laboratorium Praktikum SMKN 1 Sukoharjo, Agni Astungkara dan Dimas Ilham Nur Rois bergantian menyampaikan materi terkait peran akuntansi di dunia bisnis. Selain itu pemaparan mengenai profesi akuntan yang beragam juga dipaparkan dalam program pengabdian masyarakat tersebut.

Program pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat topik mengenai Ragam Profesi Akuntan. Latar belakang diadakannya program pengabdian ini adalah kebutuhan akuntan di dunia bisnis, khususnya di Indonesia semakin meningkat. Namun, kebutuhan tersebut tidak diimbangi dengan ketersediaan akuntan yang berlisensi di Indonesia. Perlu untuk diketahuai bahwa kemajuan perekonomian Indonesia juga ditentukan oleh peran akuntan. Kebutuhan akan penyelenggaraan keuangan yang transparan dan akuntabel merupakan kebutuhan yang memrlukan peran akuntan.

Akuntan yang berkualitas sangat dibutuhkan baik untuk sektor publik maupun sektor swasta. Masing-masing akuntan dapat memainkan perannya untuk menunjang perekonomian suatu negara. Hal ini perlu mendapat perhatian serius, terlebih untuk mempertahankan eksistensi akuntan di Indonesia. Oleh sebab itu, proses sosialisasi informasi mengenai ragam akuntan perlu disebarkan seluas-luasnya. Program pengabdian masyarakat ini kepada  siswa-siswi SMK jurusan akuntansi merupakan segmen yang potensial, mengingat mereka adalah generasi potensial untuk melanjutkan profesi akuntan di masa depan. Apabila generasi muda sudah paham arah profesi yang akan mereka tuju, maka tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah akuntan berlisensi akan semakin meningkat, yang tentunya akan berimbas pada perekonomian Indonesia yang lebih maju.

Check Also

LEJITKAN POTENSI BAHASA INGGRIS LEWAT FOCUS GROUP DISCUSSION

Selasa, 19 November 2019, Prodi Manajemen FE UNIBA Surakarta kedatangan tamu dari Sierra Leone – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *