Home / Info Kampus / DIES NATALIS UNIBA SURAKARTA KE-36 GAUNGKAN ENTREPRENEUR FOR HUMANITY 

DIES NATALIS UNIBA SURAKARTA KE-36 GAUNGKAN ENTREPRENEUR FOR HUMANITY 

UNIBA Surakarta akan memperingati Dies Natalis pada bulan Juli ini. UNIBA Surakarta memperingati Dies Natalis pada tanggal 26 Juli setiap tahunnya, setelah sebelumnya didahului dengan serangkaian acara pendahuluan. Pada tahun 2019 ini, UNIBA Surakarta memperingati Dies Natalis yang ke 36.

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis UNIBA Surakarta yang ke 36, Dika Yudanto, mengungkapkan bahwa rangkaian acara Dies Natalis ini akan dimeriahkan dengan serangkaian acara yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Serangkaian acara tersebut terdiri dari beberapa kegiatan, seperti kegiatan akademis, kegiatan sosial, kegiatan kemahasiswaan, dan pengabdian masyarakat. “Rangkaian kegiatan Dies Natalis ini akan dimulai dengan Santunan anak Yatim, dilanjutkan dengan lomba MTQ dan Murrotal Qur’an,  Lomba Desain Batik, Ziarah kubur dan Tirakatan. Acara Puncak Dies Natalis digelar pada tanggal 26 Juli 2019 dengan Orasi Ilmiah di pagi hari dan Pagelaran Wayang Kulit pada malam harinya.” Ujar Dika Yudanto.

Rangkaian kegiatan pendahuluan Dies Natalis UNIBA Surakarta dimulai pada tanggal 22 Juli 2019, kegiatan tersebut adalah Santunan Anak Yatim. Agenda ke dua yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2019 digelar kompetisi MTQ dan Murottal Qur’an untuk tingkat SLTA. Pada tanggal 24 Juli 2019, UNIBA Design Batik Competition 2019 akan dilaksanakan untuk siswa-siswa setingkat SMA dan sederajat. Untuk tanggal 25 Juli 2019 akan digelar dua kegiatan, yaitu Ziarah Kubur dan Tirakatan. Acara puncak yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2019 akan dilaksanakan orasi ilmiah dan pagelaran wayang kulit.

Puncak rangkaian Dies Natalis UNIBA Surakarta yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2019 akan diisi dengan orasi ilmiah yang dibawakan oleh Prof. Dr. H.  Musa Asy’arie. Beliau adalah guru besar dari UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Selain akademisi beliau juga merupakan pengusaha yang sukses. Orasi ilmiah tersebut akan disampaikan oleh Prof. Dr. H. Musa Asy’arie dengan mengangkat tema Entrepreneurship for Humanity

Acara selanjutnya adalah pagelaran wayang kulit yang digelar pada malam harinya. Dalang untuk pagelaran wayang kulit tersebut adalah Ki Bagong Darmono. Pagelaran wayang kulit yang akan dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB pada hari Selasa, 26 Juli 2019 mengusung lakon Nayantaka Nata Praja. Masyarakat umum dapat menyaksikan pagelaran wayang kulit ini di halaman depan UNIBA Surakarta tanpa dipungut biaya.

Tema utama yang diangkat untuk Dies Natalis yang ke-36 ini adalah, “Entrepreneur for Humanity”. Tema tersebut dilatar belakangi dengan UNIBA Surakarta sebagai Entreprenuerial University dengan misi  menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan insan wirausaha profesional yang berakhlakul karimah. Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat, ini diharapkan masih terdapat semangat-semangat kewirausahaan yang masih memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan. Seperti yang kita rasakan saat ini, populasi manusia semakin banyak akan tetapi hal tersebut tidak berbanding lurus dengan banyaknya rasa kemanusiaan yang berkembang di masyarakat. Melalui tema ini diharapkan, nilai-nilai kewirausahaan yang dibawa oleh UNIBA Surakarta dapat mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan di dalam masyarakat.

 

Check Also

AGENDA INTERNASIONALISASI UNIBA SURAKARTA: MOBILITY STUDENT-CULTURAL EXCHANGE PROGRAM 2019

       Berlaga di liga internasional sudah menjadi suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *