Home / Info Kampus / DELEGASI UNIBA SURAKARTA SABET GELAR JUARA DI AJANG LOMBA CATUR POM RAYON II SURAKARTA

DELEGASI UNIBA SURAKARTA SABET GELAR JUARA DI AJANG LOMBA CATUR POM RAYON II SURAKARTA

Pekan Olahraga Mahasiswa merupakan suatu ajang kompetisi cabang olahraga yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia. Berbagai cabang olahraga dilombakan dalam ajang kompetisi ini. Cabang-cabang olahraga tersebut beberapa diantaranya adalah Futsal, Bola Volly, Bola Basket, Bulu Tangkis, Catur, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Panjat Tebing, Kempo, dan sebagainya. Pekan Olahraga Mahasiswa sendiri merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. POM pada tahun 2019 ini meupakan pelaksanaan POM yang ke XVI.

Adanya Pekan Olahraga Mahasiswa bertujuan untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia. Selain itu Pom juga memiliki tujuan untuk memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara berlandaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Melalui kegiatan POM ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa, dan meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa. Penanaman pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga juga menjadi salah satu tujuan diadakannya POM ini.

Universitas Islam Batik Surakarta sebagai lembaga pendidikan yang berada di Indonesia turut serta menyukseskan progam yang digulirkan oleh Kemenristekdikti, yang dalam tingkat regional diselenggarakan LLDIKTI Wilayah 6. UNIBA Surakarta ikut berpartisapasi di hampir setiap cabang yang ditawarkan. UNIBA Surakarta mendelegasikan mahasiswa-mahasiswa unggulan untuk berkompetisi di ajang POM Rayon II Surakarta. Adapun delegasi-delegasi tersebut dikirimkan untuk berlaga di beberapa cabang olahraga, diantaranya, Futsal, Bulu Tangkis, Bola Volly, Tenis Meja, Pencak Silat, Panjat Tebing, dan Catur. Nantinya, para juara dari POM Rayon II Surakarta akan dikirimkan untuk berlaga di tingkat provinsi.

Tanggal 2-3 Mei 2019, UNIBA Surakara mengirimkan delegasi untuk mengikuti lomba catur dalam rangka Pekan Olah Raga Mahasiswa (POM) Rayon II Surakarta Tahun 2019. Kompetisi tersebut diselenggarakan di IAIN Surakarta. Pada kesempatan kali ini UNIBA Surakarta memiliki capaian yang membanggakan. Delegasi mahasiswa UNIBA Surakarta tersebut berhasil meraih juara I, II, dan III. Peraih juara II klasik putra adalah Wisnu Adji Sudewo, mahasiswa Fakultas Hukum UNIBA Surakarta semester 2. Sedangkan peraih juara I catur kilat putri dan juara III catur cepat adalah Dama Wijayanti. Dama Wijayanti adalah mahasiswa Fakultas Hukum UNIBA Surakarta semester 6. Selanjutnya delegasi mahasiswa tersebut akan kembali berlaga di tingkat provinsi Jawa Tengah.

Capaian yang telah diraih mahasiswa UNIBA Surakarta ini diharapkan mampu menjadi sarana bagi mahasiswa untuk dapat berlaga ke liga yang lebih tinggi. Sehingga potensi-potensi mahasiswadapat tersalurkan. Adanya capaian-capaian ini merupakan salah satu bukti bahwa mahasiswa sudah seharusnya mampu untuk menyeimbangkan antara kegiatan akademis maupun kegiatan non akademis.

Check Also

AGENDA INTERNASIONALISASI UNIBA SURAKARTA: MOBILITY STUDENT-CULTURAL EXCHANGE PROGRAM 2019

       Berlaga di liga internasional sudah menjadi suatu kewajiban bagi perguruan tinggi untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *