Home / Info Kampus / CDC UNIBA BEKALI MAHASISWA Workshop Persiapan Masuki Dunia Kerja

CDC UNIBA BEKALI MAHASISWA Workshop Persiapan Masuki Dunia Kerja

Universitas Islam batik Surakarta ( UNIBA) melalui CDC (Career Development Center) Pusat Pengembangan Karir menngelar kegiatan Seminar dan training kerja. Seminar yang diadakan sebagai bentuk pembekalan bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja tersebut berlangsung pada hari Kamis (18/05/2017) di ballroom Hotel Sahid jaya Surakarta.Peserta yang hadir meliputi mahasiwa S1 dan S2.
Hadir sebagai narasumber motivator dalam seminar tersebut Zulfan Dewantara Aj.Ak dan Bambang “GAGE”dan trainer kerja oleh Paul Satryo. Zulfan Dewantara memberikan motivasi untuk mahasiswa “bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi pengahalang untuk menjadikan seorang itu sukses. Seorang disabilitas seperti saya ini juga bisa berkarya sendiri dan tidak menggantungkan hidup saya kepada orang lain.” Selain itu Zulfan juga memberikan tips dalam memilih pekerjaan sesuai minat anda
1. Kenali Minat Anda
Mencari pekerjaan sesuai dengan minat pastilah menyenangkan. Karena dapat membuat anda terpacu untuk selalu berkarya dan bekerja dengan baik. Jika anda bekerja dengan baik, maka peluang anda untuk sukses sangatlah besar. Lalu bagaimana cara anda mengenali minat anda?
Berikut ini 3 jenis pekerjaan berdasarkan minat:
a. Minat terhadap Ide
Apakah anda termasuk orang yang selalu ingin belajar hal baru, kreatif dan eksplore ide-ide baru? jika iya, maka pekerjaan yang cocok untuk anda adalah bekerja di bidang pengetahuan seperti riset, artistik, penulis, pengobatan dan banyak lagi. Karena ide sangatlah penting untuk membuat inovasi baru dalam berbagai bidang.
b. Minat terhadap Benda
Jika anda memiliki minat ini maka anda termasuk orang yang teratur, rapi dan terencana. Pekerjaan yang cocok untuk anda yang mempunyai minat terhadap benda adalah bekerja di pekantoran, programmer, akuntan dan beragam bidang yang biasanya bekerja dibalik layar.
c. Minat terhadap Orang
Pada minat ini anda adalah tipe orang yang senang berinteraksi dengan orang lain dan tidak suka bekerja sendirian. Pekerjaan yang cocok untuk anda yang mempunyai minat terhadap orang adalah sebagai sales, public relation, marketing, konsultan.
2. Kenali Kepribadian yang sesuai dengan minat anda
Selain itu tips memilih pekerjaan bisa juga sesuai dengan Bakat anda
Memilih pekerjaan sesuai bakat merupakan tindakan yang langka saat ini. Dunia kerja sudah didominasi falsafah Pragmatisme. Uang dan alasan pragmatis lainnya sering menjadi kriteria memilih pekerjaan. Pekerjaan dengan tawaran gaji dan fasilitas yang lebih baik menjadi pilihan utama. Lebih menarik pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan dari pada memilih pekerjaan yang sesuai bakat. Akibatnya, bakat dan potensi yang tersimpan dalam diri terpendam begitu saja dalam diri; bakat dan talenta sia-sia dan tidak ada artinya.
Lebih menarik pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan dari pada memilih pekerjaan yang sesuai bakat. Akibatnya, bakat dan potensi yang tersimpan dalam diri terpendam begitu saja dalam diri; bakat dan talenta sia-sia dan tidak ada artinya.
Berapa besar potensi yang tersimpan dalam diri kita masing-masing kita tidak tahu. Masih teka-teki apa karunia-karunia yang diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa kepada setiap orang. Ada yang mengatakan hanya 2% potensi diri yang dikembangkan; selebihnya terpendam begitu saja dalam diri tanpa pernah diaktualisasikan.
Kesadaran akan potensi ini tidak selalu muncul ketika seseorang berumur belasan tahun atau lebih muda. Ada yang mengetahui bakat dan potensinya lebih awal seperti Bill Gates atau Mozart. Ada yang sadar akan bakat dan potensinya ketika berumur 40-an. Sebagian dari mereka menangkap kesempatan dan memutar haluan hidupnya. Mereka memilih pekerjaan sesuai bakat dengan segala resiko. Sebagian lagi mengikuti arus; kuatir akan resiko-resiko yang belum tentu terjadi.
Sedangkan Bambang “GAGE” beliau seorang dosen dan entrepreneur memberikan wawasan berwirausaha untuk mahasiswa yang memiliki usaha maupun yang akan merintis usaha di usia muda.
Sesi terakhir ditutup dengan pemberian trainer kerja untuk membekali mahasiwa dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus dari bangku perkuliahan. Trainer kerja yang diberikan meliputi pembuatan CV, surat lamaran pekerjaan, menghadapi wawancara dan contoh jenis-jenis psikotes yang biasa dihadapi oleh pelamar kerja.

Check Also

Kuliah Dosen Tamu Oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Fx. Wagiman, SU pada Fakultas Pertanian UNIBA Surakarta

Rabu 24 Mei 2017, Untuk meningkatkan kualitas lulusan, Fakultas Pertanian UNIBA menghadirkan 2 orang pakar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *